Halaman

TPA (Tes Potensi Akademik)

Tau kah anda apa itu TPA? . Baiklah saya akan menjelaskan apa itu TPA. TPA (Tes Potensi Akademik) adalah tes yang ditunjukkan untuk mengukur kemungkinan keberhasilan seseorang. Tes ini juga dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Sebagai contoh soal sinonim, antonim, analogi, padana kata, matematika dasar, dan masih banyak lagi. Supaya anda tidak bingung, simak penjelasan-penjelasan di bawah ini. 


Sinonim
Disini anda diminta untuk mencari jawaban yang memiliki makna atau arti yang mendekati dengan kata dalam soal. Untuk menyelesaikan soal-soal sinonim, anda harus memiliki wawasan dan pengetahuan bahasa yang luas. Anda diminta untuk banyak membaca dan berlatih soal-soal sinonim akan dapat membantu meningkatkan wawasan dan meningkatkan perbendaharaan kata anda.


Antonim
Berlawanan dengan sinonim, soal antonim meminta anda untuk mencari jawaban yang memiliki arti makna berlawanan dengan soal. Lalu, bagaimana cara untuk menyelesaikan soal-soal antonim?. Caranya hampir sama dengan metode penyelesaian sinonim yang kita gunakan diatas. 

Analogi
Pada analogi, anda diminta untuk menggunakan nalar dan logika anda. Caranya dengan mencari kata-kata yang setara dan saling berhubungan. Kunci utama untuk menaklukkan soal-soal analog adalah dengan ketelitian . Pada saat menjawab anda di minta tidak tergesa-gesa dan memperhatikan dengan seksama hubungan yang ada dalam soal.

Padana Kata
Anda diminta untuk mengeompokkan kata-kata yang memiliki pengertian atau hubungan setara, dan memilih satu jawaban yang tidak sesuai dengan "KELOMPOK" tersebut. Untuk menyelesaikan soal padana kata ini, anda di haruskan untuk fokus . Carilah pilihan yang tidak memiliki, apa yang dimiliki pilihan lain.

Penalaran
Soal seperti penalaran ini, digunakan untuk menguji kemampuan logika kita dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi. Anda diminta untuk mengambil sebuah kesimpulan dari pertanyaan-pertanyaan yang ada. Perhatikan bagian-bagian "vital" dari pertanyaan yang ada serta membuat sebuah kesimpulan.

Matematika Dasar
Meskipun terlihat sederhana, namun dibutuhkan tingkat kecerdasan dan kecermatan yang memadai untuk dapat menyekesaikan tes matematika dasar ini. Untuk dapat menyelesaikan soal matematika dasar ini, diharapkan banyak-banyak berlatih, membahas soal pecahan-pecahan desimal, persentase dan perpangkatan dasar.

Deret Bilangan
Dalam menghadapi soal seperti ini, anda diminta untuk menarik kesimpulan secara cepat dan tepat. Perhatikan soal secara menyeluruh, jangan hanya terpaku pada 2 atau 3 angka terdepan. Yang terpenting anda memperhatikan soal tersebut secarah keseluruhan.

Tes Gambar
Pada tes gambar ini, perhatikan petunjuk yang diberikan dengan seksama. Jika tidak terdapat petunjuk, cermati jenis soal yang ada dan temukan jawaban anda melalui jenis soal yang ada. Pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa jenis gambar yang biasa keluar pada soal.
a. Klasifikasi gambar
=> Disini anda diminta untuk mencari dan menetukan salah satu gambar yang tidak sama dengan gambar lainnya.
b. Hubungan dan Konsistensi Logis
=> Pada jenis gambar ini, anda diminta untuk mencari hubungan logis dari kelompok gambar dan mencari serta menentukan pilihan jawaban yang sesuai.
c. Perputaran
=> Dalam tes ini anda diminta memilih jawaban yang merupakan perputaran dari gambar soal.
d. Bentuk Geometri
=> Tes ini menguji kemampuan seseorang dalam merkonstruksi kepingan-kepingan gambar menjadi sebuah gambar menjadi sebuah gambar 2 dimensi yang utuh.
e. Kubus
=> Kemampuan imajinasi anda akan di uji, pada saat anda mendapatkan jenis gambar ini. Tidak hanya imajinasi kita yang di uji namun daya abstraksi anda untuk memutar-mutarkan suatu objek (dalam hal ini kubus) sehingga dapat terihat sisi objek tersebut pada suatu sudut pandang.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang bisa saya berikan, buat anda yang ingin bertanya silahkan memberikan komentar di bawah ini atau berikan komentar anda pada jaringan sosial yang ada di facebook, twitter, dan Google Plus. Dengan saling mengoreksi, dapat membuat website ini menjadi lebih baik.
Note : "Buat anda yang mau mendapatkan penjelasan dan pembahasan soal-soal yang lebih lengkap, anda diminta untuk membeli buku-buku pembahasan soal TPA yang di jual di toko-toko buku di kota anda."

Sampai ketemu pada postingan-postingan berikutnya,  bye......

0 komentar:

Posting Komentar