Halaman

SPERMATOGENESIS


MEKANISME SPERMATOGENESIS

Hai sahabat blooger ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya ingin mencoba menjelaskan bagaimana mekanisme sprematogenesis yang terjadi di dalam tubuh kita terutama pada laki-laki, ya yang memang terjadi pada laki-laki kita harus bisa mengetahui agar kita bisa menjaga siklus/proses tersebut untuk kelansungan hidup kita. Oke bro, dari pada pusing lansung aja kita simak penjelasan dibawah ini…


Proses pembentukan gamet jantan atau yang biasa disebut sel kelamin jantan adalah spermatogenesis. Spermatogenesis itu sendiri terjadi setelah seorang laki-laki mengalami masa puber (dewasa secara biologis). Spermatogenesis kemudian akan terjadi secara teratur dan terus-menerus seumur hidup laki-laki.

Di dalam testis, spermatogenesis terjadi di tubulus semiferus. Pada dinding tubulus semiferus telah tersedia calon sperma (spermatogonia) yang berjumlah ribuan. Setiap spermatogonia melakukan pembelahan mitosis membentuk spermatosit primer. Spermatosit primer melakukan pembalahan meiosis pertama mebentuk 2 spermatosit sekunder. Tiap spermatosit skunder melakukan pembelahan meiosis kedua , menghasilkan 2 permatid yang bersifat haploid. Keempat spermatid ini berkembang menjadi sperma yang telah matang akan menuju epididimis. Setiap proses spermatogenesis memerlukan waktu 65-75 hari. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.



Struktur sperma matang terdiri dari kepala, leher, bagian tengah, dan ekor. Kepala sperma tebal mengandung inti haploid yang ditutupi badan khusus yang disebut akrosom. Akroom mengandung enzim yang membantu sperma menembus sel telur. Bagian tengah sperma mengandung mitokondria spiral yang berfungsi menyediakan energi untuk gerak ekor sperma.

Setiap melakukan ejakulasi, seorang laki-laki mengeluarkan ± 400 juta sel sperma

Gimana sahabat blooger??? hanya ini yang bisa saya jelaskan mungkin ada kesalahan harap maklum karna kita sama-sama belajar. So, semoga bermanfaat & sampai jumpa di postingan lainnya. Salam blooger…

0 komentar:

Posting Komentar